KMPLHK RANITA

cropped-cropped-Logo-RANITA-01.png
Kelompok Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan

WOMEN, GREEN, AND JUSTICE

   Senin (22/04) , KMPLHK RANITA telah mengadakan aksi kampanye yang bertajuk women, green, and justice. Aksi kampanye tersebut diadakan di depan fakultas tarbiyah dan keguruan. Aksi kampanye tersebut bertujuan untuk memperingati hari kartini dan juga hari bumi. Selain itu, kampanye tersebut juga bertujuan untuk menegakkan keadilan akan green campus yang diusung oleh pihak kampus, namun sampai saat ini isu tersebut belum dilaksanakan oleh pihak kampus, sebaliknya pihak kampus telah berlaku sewenang-wenang yaitu telah memangkas pohon-pohon yang ada di uin sehingga kampus uin jakarta jadi terasa lebih panas dari biasanya.

   Menurut beberapa mahasiswa yang kami kutip dari youtube ranita, mereka mengatakan ketidaksetujuan akan pemangkasan pohon tersebut. “ uin jadi semakin panas, dan tempat nongkrongpun jadi tidak ada”, ujar salah satu mahasiswa uin. “ aksi kapanye ini bertujuan untuk menyadarkan para warga uin akan pentingnya penghijauan kampus. Karena setelah kami melakukan beberapa survei, tidak banyak yang tau akan pentingnya penghijauan kampus, namun mereka merasakan akibat dari tidak adanya penghijauan. Selain itu, kami mengusung tema women, green and justice di hari kartini dan hari bumi ini dikarenakan betapa pentingnya peran wanita dalam berbagai bidang, terutama dalam aspek lingkungan hidup. Peran wanita sering tersisihkan, padahal merekalah yang paling sering merasakan dampaknya. Contohnya saja pada permasalahan tambang, dimana tambang tersebut menyebabkan kekeringan dan pencemaran das. Wanitalah yang paling merasakan efeknya, karena merekalah yang bertugas mengurus rumah tangga seperti mencuci, memasak, dll. Itu baru salah satu contohnya saja. Selain itu, tema ini juga berhubungan dengan rektor kita yang baru diangkat adalah wanita. Keadilan dan kepastian lah yang kita tuntut dalam aksi kali ini”, kata diah selaku sekertaris dari aksi kampanye.

   Adapun rangkaian kegiatan saat aksi yang dilakukan oleh kmplhk ranita, yaitu rapling dari lantai 4 fakultas tarbiyah dan keguruan dengan membawa banner yang berisikan aspirasi mengenai women, green dan justice, orasi yang dilakukan di depan gedung fakultas tarbiyah dan ilmu keguruuan, dan pembagian press realese. Rangkaian aksi tersebut diharapkan dapat mengubah pemikiran dan menambahkan wawasan warga uin bahwa penghijauan terhadap kampus sangatlah penting.

   Mengapa? Karena banyak masalah lingkungan hidup yang terjadi disekitar kita. ada banyak pula masalah lingkungan hidup yang tidak dijadikan prioritas dan tenggelam karena isu-isu lain. Padahal isu mengenai lingkungan hidup tidaklah kalah penting dari isu lain. Masalah lingkungan hidup dan upaya pengelolaannya menjadi semakin rumit seiring dengan pertumbuhan masyarakat, sementara pemahaman manusia mengenai lingkungan hidup masih sangatlah minim. Salah satu upaya untuk menguranginya adalah green campus. Green campus haruslah dibudidayakan dan disadari oleh setiap warga kampus karena perannya yang sangat penting dan sangat terasa. Green campus mampu menambahkan keasrian kampus. Selain itu, konsep green campus juga mampu mengurangi emisi yang diakibatkan kendaraan bermotor. Oleh karena itu, Green campus diharapkan mampu menjadi prioritas bagi setiap warga kampus guna mewujudkan kampus yang ideal, asri, dan bersih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *