KMPLHK RANITA

cropped-cropped-Logo-RANITA-01.png
Kelompok Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan

Mari Wujudkan Jembatan untuk Warga Kampung Cimenteng, Pandeglang

(Jakarta, 7 Januari 2019) Tsunami Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu (22/12) menghantam daerah pesisir lima kabupaten di Indonesia yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Serang. Akibat bencana tersebut, kerugian material maupun moril tak terelakkan terjadi. Merespons kondisi tersebut, Kelompok Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan Kembara Insani Ibnu Battutah(KMPLHK RANITA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sejak tanggal 23 Desember 2018 hingga saat ini melakukan upaya untuk membantu korban bencana Tsunami Selat Sunda dengan menggalang bantuan dan mengirimkan sejumlah relawan. Sejumlah rekomendasi didapatkan terkait kebutuhan masyarakat terdampak bencana yakni pembuatan Jembatan Permanen di kampung Cimenteng, salah satu daerah terdampak di Kabupaten Pandeglang.

Dengan dana donasi yang telah terkumpul sebesar Rp. 9.278.000 Tim relawan mengumpulkan warga untuk bersama-sama melakukan kerja bakti dalam pembangunan jembatan. Bantuan tenaga datang relawan lain yang berasal dari Mapalaska UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yakni Mentet dan Togog membantu Taufik dan Muhsi dalam mengambil batu dari sungai ke darat. Pukul 09.00 WIB, pergerakan relawan (Taufik dan Dewita) bersama warga kp. Cimenteng pergi menuju toko bangunan Cikawung untuk membeli bahan bangunan. Sejumlah kebutuhan seperti 1 engkel pasir; 10 sak semen; 1 engkel split; 15 besi 12 inchi; 4 besi  4 inchi; 10 ember cor; 1 benang; 1 kilogram tali; dan 1 gergaji dibeli dengan total pengeluaran mencapai Rp. 3.177.000.

Tak lupa, kebutuhan lain untuk warga yang melakukan kerja bakti berupa rokok jarum coklat, sampoerna kretek dan kapal api mix dengan total pengeluaran sebesar Rp. 176.000 dibeli untuk menemani warga dikala istirahat usai kerja bakti. Sedangkan togog membantu menyiapkan air panas dan tempat untuk istirahat.

Sekitar pukul 12.30 WIB bahan bangunan yang dibeli datang dan tim relawan bersama warga langsung melakukan proses tahap awal pembuatan jembatan. Dalam program utama yang sedang dilakukan relawan di kampung Cimenteng, pembangunan pondasi jembatan seluas 2,5 meter dan panjang jembatan mencapai 15 meter diharapkan dapat terwujud.

Dengan ini, tim relawan mewakili KMPLHK RANITA UIN Jakarta selalu siap menerima dan menyalurkan donasi dari seluruh lapisan masyarakat yang ingin memberikan donasinya untuk mewujudkan jembatan permanen di kampung Cimenteng, RT 03 RW 04 Desa Taman Jaya Kecamatan Sumur, Pandeglang. Dukungan berupa donasi dapat disalurkan melalui bank BNI dengan nomor rekening 0733103399 a.n KMPLHK RANITA UIN JAKARTA.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *