KMPLHK RANITA

cropped-cropped-Logo-RANITA-01.png
Kelompok Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan

GREEN CAMPUS?

    Banyak masalah lingkungan hidup yang terjadi disekitar kita. ada banyak pula masalah lingkungan hidup yang tidak dijadikan prioritas dan tenggelam karena isu-isu lain. Padahal isu mengenai lingkungan hidup tidaklah kalah penting dari isu lain. lMasalah lingkungan hidup dan upaya pengelolaannya menjadi semakin rumit seiring dengan pertumbuhan masyarakat, sementara pemahaman manusia mengenai lingkungan hidup masih sangatlah minim.

   Masalah lingkungan merupakan masalah bersama yang membutuhkan seluruh sinergi dari semua elemen masyarkat, tidak terkecuali civitas akademika. Sebagai akademisi, pemikiran kedepan tentang masalah lingkungan sangat dinanti oleh masyarakat karena kualitas lingkungan yang baik akan menopang kehidupan yang baik.

   Banyak dari kita sering mendengar mengenai green campus . Apa sebenarnya green campus itu? Green campus merupakan sebuah gambaran dimana bermotor banyak tumbuhan hijau guna menyerap banyak emisi dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang ada di lingkungan kampus. Banyaknya emisi yang mengakibatkan global warming dan ketidakpedulian orang terhadap lingkungan sekitarnya mengakibatkan wilayah hijau dalam kampus berkurang dan tidak terasa.

   Green campus haruslah dibudidayakan dan disadari oleh setiap warga kampus karena perannya yang sangat penting dan sangat terasa. Green campus mampu menambahkan keasrian kampus. Selain itu, konsep green campus juga mampu mengurangi emisi yang diakibatkan kendaraan bermotor.

   Penerapan konsep green campus sudah sangat mendesak. Kampus haruslah menjadi penggerak, baik dari segi kebijakan, biaya, lahan, maupun warga kampus sendiri. Jika setiap aspek mampu bersinergi maka tidak mustahil gambaran green kampus serta berbagai fungsinya dapat diwujudkan. Selain itu, managemen yang baik juga sangat diperlukan. Dipbutuhkan kesatuan sistem gerakan yang berwujud pada komitmen tertulis dari pimpinan kampus dan komitmen dari semua warga kampus untuk melakukan suatu perubahan yang signifikan. Untuk mewujudkan konsep green campus dibutuhkan adanya pedoman terkait pengelolaan kampus berbasis lingkungan. Selain itu, gaya kehidupan kampus dan budaya kampus juga harus berlandaskanlingkungan. Misalkan, menerapkan sistem genap ganjil untuk pengendara bermotor, one day no lift, dan penataan RTH. untuk itu, pendidikan dalam aspek lingkungan hidup pun tak kalah penting. Dengan menambahkan mata kuliah yang terkait dengan lingkungan hidup mampu membuka jendela pengetahuan bagi mahasiswa, sehingga kesadaran pun akan muncul.

   Green campus diharapkan mampu menjadi prioritas bagi setiap warga kampus guna mewujudkan kampus yang ideal, asri, dan bersih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *